Hello There, Guest!
View New Posts   View Today's Posts

DON'T FORGET TO READ THE FORUM RULES (February 15, 2017)

BAGI MEMBERS YANG TIDAK MENDAPATKAN EMAIL AKTIVASI (FOR MEMBERS WHO DIDN'T GET AN EMAIL ACTIVATION) (January 24, 2018)

OFFICIAL FLAT EARTH 101 FACEBOOK GROUP!! (January 20)

Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?

  • 1 Vote(s) - 5 Average


04-28-2017, 06:34 PM #1
simochiedan
High Member
***************
Posts: 125 Threads:23 Joined: Feb 2017 Reputation: 20

Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
*Analisis tentang Mengapa Teori bahwa Gerhana Matahari terjadi karena Tertutup Bulan itu bisa jadi Salah*

Halo flatters, ane mau nyampein unek unek ane selama ini, tentang pertanyaan 'bener gasih yang nutupin matahari pas gerhana itu bulan?"


Pertama, kita ingat ingat lagi bagaimana proses terjadinya gerhana Matahari. Jadi, proses nya itu ialah, ada mekanisme *menghitamnya Matahari* yang di akibatkan masuknya sebuah *benda celestial padat* yang terjadi beberapa kali dalam satu tahun, dengan variasi tipe gerhana yg berbeda, dimana gerhana tsb terjadi selama kurang lebih *beberapa menit* . Oke, apakah benda celestial itu *Bulan* ? Utk jawab itu, kita analisis bagaimana proses kejadiannya.

Jika memang gerhana matahari itu terjadi karena *Bulan* , dimana bulan itu masuk jalur matahari, yang mana proses masuk nya bulan pada jalur matahari itu butuh waktu sekitar 18 tahun, *seharusnya* , proses *menghitamnya matahari* terjadi dengan *proses yang tidak singkat* . Seharus nya, pada hari hari sebelum terjadi nya *Gerhana Matahari* , terjadi *tanda tanda mendekat nya Bulan terhadap jalur edar matahari* . Bisa dibayangkan, seharusnya, pada siang hari di H-1 Gerhana, Bulan akan terlihat *sangat dekat sekali* di langit dgn Matahari. Tapi kenyataannya tidak. Bahkan *seharusnya* pada hari hari sebelum terjadi gerhana matahari total, terjadi *Gerhana Cincin terlebih dahulu*.

Nah kenyataannya, itu semua ga terjadi. Pada siang hari di hari hari sebelum terjadinya gerhana, langit tampak biasa, tanpa adanya tanda2 akan terjadi nya gerhana. Kenyataannya, proses menghitamnya matahari, terjadi secara *tiba tiba*, di Hari x, dan hanya selama beberapa menit.

Makanya, ane yakin, itu benda item yg nutupin matahari bukan bulan Smile
This post was last modified: 04-28-2017, 07:06 PM by simochiedan.

04-28-2017, 07:54 PM #2
RiskiTriono
Senior Member
****
Posts: 95 Threads:8 Joined: Apr 2017 Reputation: 6

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
https://youtu.be/ta0X67oVuO8 nih gan versi stellarium...

Kalo menurut saya itu bukan bulan

Sent from my Andromax C46B2G using Tapatalk

04-28-2017, 08:31 PM #3
simochiedan
High Member
***************
Posts: 125 Threads:23 Joined: Feb 2017 Reputation: 20

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
(04-28-2017, 07:54 PM)RiskiTriono Wrote:  https://youtu.be/ta0X67oVuO8 nih gan versi stellarium...

Kalo menurut saya itu bukan bulan

Sent from my Andromax C46B2G using Tapatalk

Stellarium itu sejenis aplikasi gan? :0

04-28-2017, 08:45 PM #4
RiskiTriono
Senior Member
****
Posts: 95 Threads:8 Joined: Apr 2017 Reputation: 6

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
(04-28-2017, 08:31 PM)simochiedan Wrote:  
(04-28-2017, 07:54 PM)RiskiTriono Wrote:  https://youtu.be/ta0X67oVuO8 nih gan versi stellarium...

Kalo menurut saya itu bukan bulan

Sent from my Andromax C46B2G using Tapatalk

Stellarium itu sejenis aplikasi gan? :0

Iya bang.. Lumayan buat lihat pergerakan matahari

Sent from my Andromax C46B2G using Tapatalk

04-28-2017, 09:17 PM #5
dryr
FLAT MASTER
*
Posts: 353 Threads:15 Joined: Feb 2017 Reputation: 27

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
Menurut saya gerhana matahari memang tertutup oleh bulan..
Animasi komputer steve torrence gerhana matahari terjadi karena matahari tertutup oleh bulan.


Letak bulan lebih rendah dari matahari dan kecepatannya lebih lambat.sehingga seolah² bulan bergerak dari barat ke timur.yang sebenarnya kecepatan matahari lebih cepat dari bulan.
juga waktu terjadinya gerhana matahari selalu dalam fase bulan baru/awal atau akhir bulan qomariah.sehingga bulan tidak nampak saat mendekati matahari.
Dan waktu terjadinya gerhana titik latitude dan longitude matahari dan bulan memang hampir berimpitan.
This post was last modified: 04-28-2017, 09:17 PM by dryr.

Imam abu hanifah pernah berkata,apabila saya mengutarakan suatu pendapat yang bertentangan dengan al-qur’an dan hadits rasulullah, maka tinggalkanlah perkataanku!

04-28-2017, 09:35 PM #6
simochiedan
High Member
***************
Posts: 125 Threads:23 Joined: Feb 2017 Reputation: 20

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
(04-28-2017, 09:17 PM)dryr Wrote:  Menurut saya gerhana matahari memang tertutup oleh bulan..
Animasi komputer steve torrence gerhana matahari terjadi karena matahari tertutup oleh bulan.


Letak bulan lebih rendah dari matahari dan kecepatannya lebih lambat.sehingga seolah² bulan bergerak dari barat ke timur.yang sebenarnya kecepatan matahari lebih cepat dari bulan.
juga waktu terjadinya gerhana matahari selalu dalam fase bulan baru/awal atau akhir bulan qomariah.sehingga bulan tidak nampak saat mendekati matahari.
Dan waktu terjadinya gerhana titik latitude dan longitude matahari dan bulan memang hampir berimpitan.

Silahkan disimak lagi analisa ane di atas, knp ane yakin itu bukan bulan Big Grin

04-28-2017, 11:46 PM #7
GalihGagan101
High Member
***************
Posts: 140 Threads:8 Joined: Feb 2017 Reputation: 7

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
ane sih sependapat ama TS @simochiedan soalnya ane sih sempet liat ada yg bikin percobaan, si benda celestial itu di gambarkan miror ball, letaknya pas ditengah2 kutub utara

klo ga salah ada yg kirim vidionya di mari juga

itu rada make sense sih, soalnya ane masih blum ngeuh kalo bulan yg nutupin mah
klo di bilang fase bulan baru, malah tmbah aneh
harus merunut lg tentang asal muasal fase bulan dari mna
mending masukin teori benda celestial dari pada bulan mah, soalnya kita aja ampe sekarng belum tau gimna tu fase bulan terbentuk dan dri mana asal cahayanya

bener kata TS klo memang itu bulan, h-1 harusnya udh keliatan tuh bulan di pinggir matahari pas di jamnya besok gerhana
apalagi posisinya di bawah matahari
ko ini tiba2 nonggol

kalo ada yang mau analisa
silahkan dihitung aja waktu gerhana berapa menit
dari masuk bayangan sampe full tertutupi
atau sebaliknya dari full tertutupi sampai normal lagi
karena menurut steve torrence sendiri pergerakan matahari dari diameternya ke diameternya sekitar 2 menit 50 detik
so nanti keliatan apa duaduanya bergerak ato si benda selestial cuma diem aj nunggu matahari lewat
kalo emang bulan? balik lagi ke awal, kan waktu terjadinya gerhana titik latitude dan longitude matahari dan bulan memang hampir berimpitan
harusnya pas h-1 tu bulan harusnya nampak kalo emang berhimpitan
dia tahu bahwa kita tahu bahwa dia tahu BUMI INI DATAR

04-29-2017, 12:37 PM #8
RiskiTriono
Senior Member
****
Posts: 95 Threads:8 Joined: Apr 2017 Reputation: 6

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
(04-28-2017, 09:17 PM)dryr Wrote:  Menurut saya gerhana matahari memang tertutup oleh bulan..
Animasi komputer steve torrence gerhana matahari terjadi karena matahari tertutup oleh bulan.


Letak bulan lebih rendah dari matahari dan kecepatannya lebih lambat.sehingga seolah² bulan bergerak dari barat ke timur.yang sebenarnya kecepatan matahari lebih cepat dari bulan.
juga waktu terjadinya gerhana matahari selalu dalam fase bulan baru/awal atau akhir bulan qomariah.sehingga bulan tidak nampak saat mendekati matahari.
Dan waktu terjadinya gerhana titik latitude dan longitude matahari dan bulan memang hampir berimpitan.



Kecepatan bulan dan matahari fluktuatif.. terkadang kecepatan matahari > kecepatan bulan, dan kadang kecepatan matahari < kecepatan bulan

04-29-2017, 01:42 PM #9
dryr
FLAT MASTER
*
Posts: 353 Threads:15 Joined: Feb 2017 Reputation: 27

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
(04-29-2017, 12:37 PM)RiskiTriono Wrote:  
(04-28-2017, 09:17 PM)dryr Wrote:  Menurut saya gerhana matahari memang tertutup oleh bulan..
Animasi komputer steve torrence gerhana matahari terjadi karena matahari tertutup oleh bulan.


Letak bulan lebih rendah dari matahari dan kecepatannya lebih lambat.sehingga seolah² bulan bergerak dari barat ke timur.yang sebenarnya kecepatan matahari lebih cepat dari bulan.
juga waktu terjadinya gerhana matahari selalu dalam fase bulan baru/awal atau akhir bulan qomariah.sehingga bulan tidak nampak saat mendekati matahari.
Dan waktu terjadinya gerhana titik latitude dan longitude matahari dan bulan memang hampir berimpitan.



Kecepatan bulan dan matahari fluktuatif.. terkadang kecepatan matahari > kecepatan bulan, dan kadang kecepatan matahari < kecepatan bulan

Tau dari mana gan?
Yang ada kecepatan bulan itu 24 jam 50 mnt 28 dtk.(1600,5 km/h)
Kecepatan matahari 24 jam.(1665 km/h)
Terus seperti itu.

Imam abu hanifah pernah berkata,apabila saya mengutarakan suatu pendapat yang bertentangan dengan al-qur’an dan hadits rasulullah, maka tinggalkanlah perkataanku!

04-29-2017, 04:56 PM #10
dryr
FLAT MASTER
*
Posts: 353 Threads:15 Joined: Feb 2017 Reputation: 27

RE: Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan?
(04-28-2017, 11:46 PM)GalihGagan101 Wrote:  ane sih sependapat ama TS @simochiedan soalnya ane sih sempet liat ada yg bikin percobaan, si benda celestial itu di gambarkan miror ball, letaknya pas ditengah2 kutub utara

klo ga salah ada yg kirim vidionya di mari juga

itu rada make sense sih, soalnya ane masih blum ngeuh kalo bulan yg nutupin mah
klo di bilang fase bulan baru, malah tmbah aneh
harus merunut lg tentang asal muasal fase bulan dari mna
mending masukin teori benda celestial dari pada bulan mah, soalnya kita aja ampe sekarng belum tau gimna tu fase bulan terbentuk dan dri mana asal cahayanya

bener kata TS klo memang itu bulan, h-1 harusnya udh keliatan tuh bulan di pinggir matahari pas di jamnya besok gerhana
apalagi posisinya di bawah matahari
ko ini tiba2 nonggol

kalo ada yang mau analisa
silahkan dihitung aja waktu gerhana berapa menit
dari masuk bayangan sampe full tertutupi
atau sebaliknya dari full tertutupi sampai normal lagi
karena menurut steve torrence sendiri pergerakan matahari dari diameternya ke diameternya sekitar 2 menit 50 detik
so nanti keliatan apa duaduanya bergerak ato si benda selestial cuma diem aj nunggu matahari lewat
kalo emang bulan? balik lagi ke awal, kan waktu terjadinya gerhana titik latitude dan longitude matahari dan bulan memang hampir berimpitan
harusnya pas h-1 tu bulan harusnya nampak kalo emang berhimpitan
Soal mirror ball itu hanya untuk gerhana bulan gan.itu tread saya yg buat.yang menguatkan keberadaan mirror ball itu adalah warna benda(bulan) tersebut berubah jadi merah sesuai dengan yang kita lihat di realitanya saat gerhana bulan bulan berubah menjadi merah.itu menurut saya jadi masuk akal.ya.. soal benda celestial yang menutupi matahari dan bulan bukti yang benar² menguatkannya apa?jujur di eps. 4 yang nampak melewati matahari dan bulan yang ukurannya hampir sama itu cuma efek lensa kamera.
soal gerhana matahari mirror ball nggak.
Soal bulan nggak keliatan saat mendekati matahari kan bulannya lebih rendah dari matahari.bagian bawahnya gelap.jadi nggak keliatan.cuma saat jarak matahari-bulan sekitar +/- 2° baru pinggir bulannya keliatan lagi.

Soal durasi gerhana,ini perhitungannya.copy paste dari tread mencermati gerhana matahari

Ok guys satu lagi soal durasi gerhana,
Entah yang ini salahnya dimana: Vmthr - Vbln = 1665 - 1600,5 = 64,5

   50 km : 64,5 km/jam =  0,77 jam . 60 menit = 46 menit(durasi gerhananya cuma 46 menit,bukan 2 setengah-3 jam yg merupakan durasi gerhana rata-rata) 

Lalu saya liat video steve torrence berikut,


Nampak bulan mulai menutupi matahari pada waktu 17:15(pojok kanan atas) dan berakhir 19:48.
Cari selisihnya : 19°48' - 17°15' = 2°33'. 
Durasi gerhananya 2 jam 33 menit.sesuai dengan durasi gerhana rata².

Lalu saya ke situs timeanddate, https://www.timeanddate.com/eclipse/in/usa/carbondale
Disitu durasi gerhananya 2 jam  55 menit,cuma selisih 22 menit dari perhitungan saya.nampaknya saya salah dimenentukan kapan bulan mulai menutupi matahari soalnya susah menentukannya kapan bulan mulai menutupi matahari dari video steve torrence diatas
well... itu hasil riset saya dengan diameter matahari-bulan 32 mil/51,2 km durasi gerhananya 2 jam 55 menit.
This post was last modified: 04-29-2017, 05:06 PM by dryr.

Imam abu hanifah pernah berkata,apabila saya mengutarakan suatu pendapat yang bertentangan dengan al-qur’an dan hadits rasulullah, maka tinggalkanlah perkataanku!




Forum Jump:


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Studi Kritis Gerhana Matahari Pada Model Heliosentris Adji 6 1,499 08-14-2019, 02:02 PM
Last Post: pungky
Video Matahari & Bulan tak berputar di sekitar Kutub Utara? anankzatria 1 1,198 07-17-2019, 01:11 PM
Last Post: pungky
  Siang Bukan karena Matahari Kisamber nyowo 20 2,368 07-10-2019, 10:19 AM
Last Post: Necr0
  Melihat matahari saat malam? yellow Ledbetter 2 521 07-07-2019, 01:11 AM
Last Post: pungky
  Bentuk bumi, bulan dan matahari Intan Permatasari 8 1,412 07-07-2019, 12:35 AM
Last Post: pungky
  Gerhana Bulan by Batara Kala aka Nuki (Asteroid 2053) Si Man 2 389 07-07-2019, 12:04 AM
Last Post: pungky
  Apakah matahari lebih dari 1 ? Tamafune 16 3,682 07-06-2019, 11:39 PM
Last Post: pungky
  Matahari Tenggelam fankuinaga 3 492 12-04-2018, 05:28 PM
Last Post: ustadz-fe
  Melihat matahari menggunakan teleskop flat earth prasnet 12 4,860 11-25-2018, 02:22 AM
Last Post: loek.an.hogeloon
  Melihat Matahari di malam hari fikrimubarokbaha 7 1,709 11-15-2018, 09:16 AM
Last Post: Redshadow
  [Metode] Menghitung Jarak Bumi - Matahari TruthSkr_ 76 31,068 10-22-2018, 08:35 AM
Last Post: titik nol
  Kejanggalan Gerhana matahari di benua amerika pada 21 Agustus 2017 Unang 9 3,893 10-04-2018, 12:26 PM
Last Post: Unang
Lightbulb Menghitung Kecepatan Linier dalam Perputaran Matahari Diatas Hamparan Bumi DossBarling 14 1,550 08-15-2018, 08:21 AM
Last Post: wiwin100
  Sundial atau Jam Matahari Si Man 0 637 05-19-2018, 03:34 PM
Last Post: Si Man
  Teori Dan praktek Energi Matahari ardi a 19 3,852 03-05-2018, 12:31 PM
Last Post: ranguzen


Users browsing this thread: 1 Guest(s)