Hello There, Guest!
View New Posts   View Today's Posts

DON'T FORGET TO READ THE FORUM RULES (February 15, 2017)

BAGI MEMBERS YANG TIDAK MENDAPATKAN EMAIL AKTIVASI (FOR MEMBERS WHO DIDN'T GET AN EMAIL ACTIVATION) (January 24, 2018)

OFFICIAL FLAT EARTH 101 FACEBOOK GROUP!! (January 20)

Mencermati Gerhana Matahari

  • 0 Vote(s) - 0 Average


03-03-2017, 11:35 PM #1
Kubah Selestial
Junior Member
**
Posts: 11 Threads:4 Joined: Feb 2017 Reputation: 3

Mencermati Gerhana Matahari
Kali ini saya tertarik untuk membahas tentang fenomena Gerhana khususnya gerhana matahari. Dikatakan bahwa gerhana terjadi akibat bulan menutupi matahari, ketika saat itu matahari berhimpitan dengan bulan (dalam jarak yang  berdekatan). Seperti yang banyak kita lihat dalam beberapa tayangan video tentang ‘Solar Eclipse’. Kita bahkan terpana dan terpesona  dengan fenomena gerhana itu sendiri. Akan tetapi pernahkan kita mencermati pada saat proses terjadinya gerhana itu dari sudut pandang ke-ilmiahan.

Sebelumnya kita pahami dulu bersama bahwa :
a.   Matahari beredar pada garis edarnya di atas bumi, sekali putar/1hari = 24 jam
b.   Bulan beredar pada garis edarnya di atas bumi, sekali putar/1 hari = 24 jam 50 menit 28   detik.
c.   Kesimpulannya : pergerakan bulan lebih lambat dari matahari


Berpedoman dengan hal tersebut, coba kita lihat dulu video tentang “Solar Eclipse”.

Bagaimana menurut pengamatan anda, benarkah Matahari adalah yang bergerak lebih dominan (mendahului / lebih cepat) daripada bulan yang bergerak menutupi matahari itu sendiri?  Seandainya teman2 belum puas dengan melihat video ini, anda bisa cari di Youtube tentang ‘Solar Eclipse Footage’ yang laennya. Coba anda amati dan cermati dengan seksama. Lebih cepat Bulan yang bergerak mendatangi matahari dan menutupinya  atau mataharinya yang bergerak lebih cepat sehingga mendekati bulan dan akhirnya dia sendiri (matahari) yang tertutup oleh Bulan? Mana yang lebih logis bagi anda berdasarkan pengamatan melalui video itu. Terus terang sayapun juga belum bisa memastikan mana yang bergerak mendekat lebih cepat berdasar melihat tayangan video tsb. Tapi kalau berpedoman pada teori-nya memang mataharilah yang seharusnya mendekati bulan. Sebab mempunyai kecepatan yang lebih cepat dibanding kecepatan bulan. Seandainya bulan nya yang bergerak mendekati matahari berarti bisa diyakini bahwa itu bukan bulan, lalu apa? ya, bisa jadi itu adalah benda selestial yang ada di angkasa. Maka akan lebih menarik lagi fenomena gerhana ini kita pelajari lebih mendalam kalau memang ini yang terjadi. Sebab pemahaman kita selama ini tentang “Solar Eclipse” ya memang Bulan menutupi Matahari.  Benarkah demikian?  Mungkin teman-teman punya argumen atau pembuktian yang laen. Silakan bisa ditambahkan dan dibagikan ilmunya sebagai referensi kita bersama untuk mempelajari tentang gerhana ini. . .

03-04-2017, 09:13 AM #2
prasnet
High Member
***************
Posts: 124 Threads:38 Joined: Feb 2017 Reputation: 22

RE: Mencermati Gerhana Matahari
(03-03-2017, 11:35 PM)Kubah Selestial Wrote:  

dari video tersebut bulan lterlihat lebih cepat menutupi matahari kan, kenapa coba ? bulan arah nya salah gak ? masa bulan berputar nya ke timur ? matahari benar arah ke barat ?

coba perhatiin di rumah mu kalau ada bulan arah nya kemana bulan dari timur ke barat. apa dari barat ke timur ? coba cek

lihat animasi di bawah bulan perputaran matahari dan bulan : http://astro.unl.edu/classaction/animati...applet.swf
pilih star animasi
This post was last modified: 03-04-2017, 09:32 AM by prasnet.

03-04-2017, 09:24 AM #3
BossDarling
Administrator
*
Posts: 94 Threads:29 Joined: Feb 2017 Reputation: 131

RE: Mencermati Gerhana Matahari
Bravoooo... bagus sekali analisisnya, @Kubah Selestial [Image: thumbsup.png][Image: thumbsup.png][Image: thumbsup.png]

Saya kasih clue ya, agar teman2 semua bisa melakukan riset dan menemukan sendiri jawabannya (bukan kata saya). Disamping itu, kita memang perlu banyak berkolaborasi dalam banyak hal.

Alur pikir @Kubah Selestial adalah, dari tayangan2 video gerhana matahari, terlihat bahwa benda yang menutupi matahari bergerak lebih cepat dari mataharinya. Pertanyaannya: apakah betul bulan yang menutupi matahari? Berapa kecepatan bulan, masa lebih cepat dari matahari?

Inilah contoh "think outside the box". Cerdas dan kritis. Kita bukan bebek yang percaya begitu saja dengan apa yang dikatakan orang lain. Selanjutnya, yang diperlukan adalah kreatif dalam mencari jalan untuk menemukan jawaban. Gunakan otak intel anda, hehehe...




Clue-nya adalah:
1. Silakan cari tanggal gerhana matahari (gunakan gerhana tahun lalu aja, di Palangkaraya).
2. Temukan kecepatan matahari pada hari tsb, di web timeanddate.com.
3. Temukan kecepatan bulan pada hari tsb, di web yang sama.



Maka anda akan menemukan sendiri jawabannya: APAKAH GERHANA MATAHARI DISEBABKAN TERTUTUP BULAN?? hahahaha...

(Saya jadi inget teman2 di grup WA waktu saya singgah sebentar beberapa waktu yang lalu, pada suka bikin quiz. Well, ini adalah quiz yang berguna, dengan menggunakan data dari situs2 yang kredibel. Jawabannya adalah skak-mat, hahahaha)

Hal yang bisa kita pelajari dari thread ini adalah: kalau tanpa data dan angka, hanya jadi debat kusir. Oleh sebab itu, selalu gunakan data dan angka dari sumber yang kredibel. Pengamatan @Kubah Selestial sudah bagus, kreatif dan mungkin tidak terpikir oleh kebanyakan orang, dan inspiring. Tinggal diperkuat oleh data, sehingga jadi argumen yang solid. Selamat mengkaji, rekan2 semua. Happy weekend.

Cheers,
-BD

PS: @prasnet: Semua benda2 langit -- matahari, bulan, bintang -- terbit di timur, terbenam di barat. Pada video itu, kita nggak tau timurnya di kiri atau di kanan (tergantung si pembuat video menghadap utara atau menghadap selatan).

Jika dia menghadap utara, berarti betul bulannya berjalan dari kanan (timur) ke kiri (barat). Tinggal lihat kecepatan bulan spt clue di atas.

Jika dia menghadap selatan, berarti bulan harusnya berjalan dari kiri (timur) ke kanan (barat). Kalau video itu menghadap selatan, berarti bukan bulan yang menutupi matahari. Karena kita sama2 nggak tau dia menghadap mana, sementara ini kita asumsikan saja menghadap utara.

Pahami dulu kesalahan & kebohongan pada teori yang ada, sebelum bertanya/mempelajari soal Flat Earth. "Kalau tidak rusak, buat apa diperbaiki?"
[Image: fe101mataharibulan.gif]



03-04-2017, 09:42 AM #4
prasnet
High Member
***************
Posts: 124 Threads:38 Joined: Feb 2017 Reputation: 22

RE: Mencermati Gerhana Matahari
(03-04-2017, 09:24 AM)BossDarling Wrote:  Jika dia menghadap selatan, berarti bulan harusnya berjalan dari kiri (timur) ke kanan (barat). Kalau video itu menghadap selatan, berarti bukan bulan yang menutupi matahari. Karena kita sama2 nggak tau dia menghadap mana, sementara ini kita asumsikan saja menghadap utara.

nah kalau bumi itu datar dimana berarti timur barat nya hehehe Big Grin

mungkin seperti ini

[Image: dec%2B21%2Bst.jpg]
Utaran = Tengah.    Selatan = Pingiran Bulatan Jam/antarctica.   Timur & Barat arah panah di jam 24 ke 12 berputar

jd timur barat nya ya berputar tiap negara berbeda2 sesuai perputaran matahari dan bulan Big Grin karna ngikutin kompas,
This post was last modified: 03-04-2017, 10:13 AM by prasnet.

03-04-2017, 10:04 AM #5
casramxaf
FLAT MASTER
*
Posts: 448 Threads:45 Joined: Feb 2017 Reputation: 35

RE: Mencermati Gerhana Matahari
Ane gak ada Data & Angka, but ane yakin itu memang bukan Bulan dan Matahari yang saling menutupi, kalau ane buka bang gogel lihat foto2 gerhana (solarE atau LunarE), ane yakin itu benda selestial yang menyerupai matahari dan bulan yang tak mempunyai cahaya ataupun sinar, itu adalah KEGELAPAN (DARKNESS) ...

[Image: tulisan-arab-alquran-surat-an-nahl-ayat-8.jpg]
“Dan (Dia telah menciptakan) kuda, baghal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak ketahui.” (QS. An-Nahl: 8)

Ini argumen dalam Kitab Kejadian

KEJADIAN
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Itu adalah Benda Kegelapan yang mempunyai orbit tersendiri, dan benda itu berada di area lintasan antara Matahari dan Bulan, sehingga ia bisa muncul tiba - tiba sesuai perhitungan tertentu yang menyebabkan titik pertemuan antara dengannya dan matahari (solarE) atau bulan (LunarE). Maaf kalau soal data dan angka mengenai benda yang ane sebut Kegelapan itu rasanya nggak mungkin ada, dan tak mungkin bisa dikumpulkan, kecanggihan NASApun percuma, benda itu ane yakin tak mempunyai cahaya dan gelap,... tetapi bukti bahwa ada kejanggalan tentang definisi posisi jika terjadi gerhana ada keanehan... sudah menjadi bukti kuat tentang keberadaan benda selestial itu. Ane rasa dia tak seperti matahari dan bulan yang diumbar ke publik oleh Tuhan, tapi di rahasiakan dan hanya kecanggihan dan keyakinan kitalah yang dapat mengetahuinya, Jadi menurut ane Allah menciptakan 3, (Matahari, Bulan, dan Benda Seletial "Kegelapan").

Wallahu 'Alam
This post was last modified: 03-04-2017, 10:07 AM by casramxaf.

03-04-2017, 10:42 AM #6
BossDarling
Administrator
*
Posts: 94 Threads:29 Joined: Feb 2017 Reputation: 131

RE: Mencermati Gerhana Matahari
(03-04-2017, 09:42 AM)prasnet Wrote:  
(03-04-2017, 09:24 AM)BossDarling Wrote:  Jika dia menghadap selatan, berarti bulan harusnya berjalan dari kiri (timur) ke kanan (barat). Kalau video itu menghadap selatan, berarti bukan bulan yang menutupi matahari. Karena kita sama2 nggak tau dia menghadap mana, sementara ini kita asumsikan saja menghadap utara.

nah kalau bumi itu datar dimana berarti timur barat nya hehehe Big Grin

mungkin seperti ini

[Image: dec%2B21%2Bst.jpg]
Utaran = Tengah.    Selatan = Pingiran Bulatan Jam/antarctica.   Timur & Barat arah panah di jam 24 ke 12 berputar

jd timur barat nya ya berputar tiap negara berbeda2 sesuai perputaran matahari dan bulan Big Grin karna ngikutin kompas,

Hahahaha mosok masih bingung barat dan timur? Kan sudah dijelaskan lewat video @Anggoro Aji:



Jika menghadap utara (seperti video itu), dimanapun posisi kita, timur selalu di kanan kita. Sebaliknya, jika menghadap selatan, timur selalu di kiri kita.

Cheers,
-BD

Pahami dulu kesalahan & kebohongan pada teori yang ada, sebelum bertanya/mempelajari soal Flat Earth. "Kalau tidak rusak, buat apa diperbaiki?"
[Image: fe101mataharibulan.gif]



03-04-2017, 10:51 AM #7
Nandapratama
FLAT MASTER
*
Posts: 394 Threads:3 Joined: Feb 2017 Reputation: 16

RE: Mencermati Gerhana Matahari
betul kata @BossDarling ,kita nanti masukan data-data resmi sains tentang matahari,bulan dan bintang bintang pakai autocad. seperti itulah cara kita membuktikkan kebohongan bumi globe, bukan dengan teori dan opini yang hanya menimbulkan debat kusir
 ____________________________________________________
Sesuatu yang kita usahakan, pasti akan ada hasilnya

03-04-2017, 11:24 AM #8
prasnet
High Member
***************
Posts: 124 Threads:38 Joined: Feb 2017 Reputation: 22

RE: Mencermati Gerhana Matahari
harus ada rekaman video sebelum kejadian gerhana matahari dan sesudah kejadian baru tau posisi matahari dan bulan dimana , kebanyakan video gerhana matahari kan potongan pas kejadian nya saja Big Grin  ayo para fe yang punya camera bagus nanti rekam kapan tuh kejadian gerhana matahari

03-04-2017, 03:27 PM #9
Kubah Selestial
Junior Member
**
Posts: 11 Threads:4 Joined: Feb 2017 Reputation: 3

RE: Mencermati Gerhana Matahari
(03-04-2017, 09:24 AM)BossDarling Wrote:  Bravoooo... bagus sekali analisisnya, @Kubah Selestial [Image: thumbsup.png][Image: thumbsup.png][Image: thumbsup.png]

Saya kasih clue ya, agar teman2 semua bisa melakukan riset dan menemukan sendiri jawabannya (bukan kata saya). Disamping itu, kita memang perlu banyak berkolaborasi dalam banyak hal.

Alur pikir @Kubah Selestial adalah, dari tayangan2 video gerhana matahari, terlihat bahwa benda yang menutupi matahari bergerak lebih cepat dari mataharinya. Pertanyaannya: apakah betul bulan yang menutupi matahari? Berapa kecepatan bulan, masa lebih cepat dari matahari?

Inilah contoh "think outside the box". Cerdas dan kritis. Kita bukan bebek yang percaya begitu saja dengan apa yang dikatakan orang lain. Selanjutnya, yang diperlukan adalah kreatif dalam mencari jalan untuk menemukan jawaban. Gunakan otak intel anda, hehehe...




Clue-nya adalah:
1. Silakan cari tanggal gerhana matahari (gunakan gerhana tahun lalu aja, di Palangkaraya).
2. Temukan kecepatan matahari pada hari tsb, di web timeanddate.com.
3. Temukan kecepatan bulan pada hari tsb, di web yang sama.



Maka anda akan menemukan sendiri jawabannya: APAKAH GERHANA MATAHARI DISEBABKAN TERTUTUP BULAN?? hahahaha...

(Saya jadi inget teman2 di grup WA waktu saya singgah sebentar beberapa waktu yang lalu, pada suka bikin quiz. Well, ini adalah quiz yang berguna, dengan menggunakan data dari situs2 yang kredibel. Jawabannya adalah skak-mat, hahahaha)

Hal yang bisa kita pelajari dari thread ini adalah: kalau tanpa data dan angka, hanya jadi debat kusir. Oleh sebab itu, selalu gunakan data dan angka dari sumber yang kredibel. Pengamatan @Kubah Selestial sudah bagus, kreatif dan mungkin tidak terpikir oleh kebanyakan orang, dan inspiring. Tinggal diperkuat oleh data, sehingga jadi argumen yang solid. Selamat mengkaji, rekan2 semua. Happy weekend.

Cheers,
-BD

PS: @prasnet: Semua benda2 langit -- matahari, bulan, bintang -- terbit di timur, terbenam di barat. Pada video itu, kita nggak tau timurnya di kiri atau di kanan (tergantung si pembuat video menghadap utara atau menghadap selatan).

Jika dia menghadap utara, berarti betul bulannya berjalan dari kanan (timur) ke kiri (barat). Tinggal lihat kecepatan bulan spt clue di atas.

Jika dia menghadap selatan, berarti bulan harusnya berjalan dari kiri (timur) ke kanan (barat). Kalau video itu menghadap selatan, berarti bukan bulan yang menutupi matahari. Karena kita sama2 nggak tau dia menghadap mana, sementara ini kita asumsikan saja menghadap utara.

Terima kasih pak Boss yang punya Darling telah mengapresiasi pemikiran saya, dan sekaligus saya ingin mengapresiasi juga masukan serta saran yang telah pak Boss berikan pada saya dan teman-teman di forum ini. Yaitu tentang beberapa uraian yang dipaparkan harus disertai bukti argumen yang sebisa mungkin diusahakan tetap harus menggunakan data-data atau angka-angka yang valid serta kredibel. Oke lah, saya akan merujuk pada ‘clue’ anda. Kita akan cari tahu bener gak sih bahwa Matahari lebih cepat peredarannya dibanding Bulan. Ini point yang harus dibuktikan dulu sebelum kita melanjutkan ke hal yang lebih kompleks lagi. Walaupun secara normatif-kualitatif ya kita cukup tahu bahwa memang lebih cepat matahari ketimbang bulan dalam peredarannya.
Saya merujuk pada sumber yang diberikan oleh Pak Boss sendiri yaitu : www.timeanddate.com , disitu saya mencari kecepatan matahari atau bulannya secara lugas dan terang-terangan memang kagak ditemukan dan gak ada. Kalau sudah demikian saya ingat kata-kata pak Boss : “gunakan otak intel anda” ...hehee...
Putar otak , lantas saya menemukan untuk menggunakan cara konvensional dan berkesan tradisional. Tapi tak apalah tujuannya hanya untuk membuktikan bahwa apa emang benar tentang jawaban yang telah diutarakan diatas (tentang kecepatan Sun & Moon). Yaitu dengan cara mencari starting (sun/moon rise-nya) kemudian kita bandingkan setelah mencapai ‘finish’ nya (sun/moon set-nya). Cara sederhana ini agar mudah kita pahami bersama tanpa harus ribet dan berbelit , lagian saya sendiri juga tak pandai matematis. Well, kita langsung olah datanya saja:
Buka www.timeanddate.com lalu masukkan wilayah yang akan kita amati. Disini saya masih mengacu pada video yang saya unggah tersebut yaitu tentang Solar Eclipse yang terjadi 11 Juli 1991 di Punta Arenas. Akhirnya saya menemukan data ini :

(saat Sun/Moonrise)
[Image: attachment.php?aid=148]
[Image: attachment.php?aid=149]

(saat Sun/Moonset)
[Image: attachment.php?aid=150]
[Image: attachment.php?aid=151] 
                                                                                                                                                   (sumber : www.timeanddate.com)

Lalu kita analisa :


1.  Sunrise terjadi pada 08.53 dan arah yang terbentuk 53 derajat Timur laut. Sedangkan Moonrise dengan waktu yang sama (pada 08.53) arah yang terbentuk pada 49 derajat Timur laut. Disini kita ketahui bahwa dengan waktu awal yang sama sudah terjadi selisih arah yang berbeda 4 derajat (lebih jauh mataharinya dari titik Sun/Moon set-nya). Bisa dikatakan mataharinya tertinggal dibelakang bulang dalam peredarannya.



2.  Kemudian kita amati saat Sunset dan Moonset nya bagaimana?

Eh, ternyata Matahari dan Bulan nya pada jam 16.44 (saat Sun/Moonset) mengalami posisi yang sama yaitu persis di arah 308 derajat Barat laut. Ini artinya apa? Coba kita pahami, bahwa awalnya matahari dibelakang bulan 4 derajat lebih tertinggal. Namun ketika saat Sunset, Mataharinya bisa sama persis dengan posisi arah Bulan saat Moonset. Ini sudah memberikan kesimpulan kepada kita bahwa Mataharilah yang memang mempunyai kecepatan lebih cepat dibanding Bulan. So, ini bukti yang tak terbantahkan ... hehee (mengutip kata-kata si Boss).  


Saya harap tidak ada yang membantah tentang data/angka tersebut , sebab data/angka itu tidak saya yang buat. Saya hanya menghitung berdasarkan data yang sudah ada. Dan data tersebut juga diyakini dan dipakai secara umum di seluruh dunia, artinya kredibilitas serta validitas data tersebut saya kira bisa dipertangungjawabkan.

Nah sekarang kita sudah meyakini bahwa Gerhana Matahari terjadi akibat Matahari yang bergerak mendekat (lebih cepat) dibanding bulan. Bukannya Bulan yang “nyamperin” ke Mataharinya. Kalau demikian lalu bagaimana kaitannya dengan tayangan video gerhana yang nampak tiba-tiba ada “Bulan” yang “menghampiri” dan akhirnya menutupi matahari kemudian lewat begitu saja? Wouw ... nampaknya ada akselerasi yang tiba-tiba terjadi pada Bulan ketika berdekatan dengan matahari.. apa iya sih?

Hmmmm.... Bulannya jadi ‘ngebut’ akhirnya ngacir menghilang ! hehee.... 
 
Sekalian anda bisa lihat animasi tentang gerhana matahari total yang satu ini (hanya sebagai pembanding dan referensi saja) , bagaimana ini maksudnya koq justru Bulannya yang ngacir .. hehehee...  grinning  
ini Link nya : https://www.timeanddate.com/eclipse/sola...-august-21

Note : 
Oh ya pertanyaan pak Boss tentang pembuat video yang saya postingkan itu dari arah mana observasinya bisa diketahui koq .. coba lihat di video tersebut pada detik ke-12 akan muncul arah mata angin nya sesuai sudut observator nya terhadap obyek.
[Image: attachment.php?aid=152]

03-04-2017, 04:25 PM #10
prasnet
High Member
***************
Posts: 124 Threads:38 Joined: Feb 2017 Reputation: 22

RE: Mencermati Gerhana Matahari
(03-04-2017, 03:27 PM)Kubah Selestial Wrote:  Eh, ternyata Matahari dan Bulan nya pada jam 16.44 (saat Sun/Moonset) mengalami posisi yang sama yaitu persis di arah 308 derajat Barat laut. Ini artinya apa? Coba kita pahami, bahwa awalnya matahari dibelakang bulan 4 derajat lebih tertinggal. Namun ketika saat Sunset, Mataharinya bisa sama persis dengan posisi arah Bulan saat Moonset. Ini sudah memberikan kesimpulan kepada kita bahwa Mataharilah yang memang mempunyai kecepatan lebih cepat dibanding Bulan. So, ini bukti yang tak terbantahkan ... hehee (mengutip kata-kata si Boss).
kalau bulan lebih cepat, kenapa matahari bisa ngebalap Big Grin

(03-04-2017, 03:27 PM)Kubah Selestial Wrote:  Sekalian anda bisa lihat animasi tentang gerhana matahari total yang satu ini (hanya sebagai pembanding dan referensi saja) , bagaimana ini maksudnya koq justru Bulannya yang ngacir .. hehehee...  grinning  
ini Link nya : https://www.timeanddate.com/eclipse/sola...-august-21
nah itu kan menurut ge matahari diam jadi animasi nya bulan yang bergerak
kemungkinan seperti ini, matahari atau bulan yang menaikan ketingian nya atau menurunkan ketinggian nya
bulan dan matahari tidak tabrakan meskipun berhimpitan lihat dalam video di bawah ini menit ke 3:35

contoh nya mungkin sepertii ini, ya kemungkinan bulan yang turun kebawah sehingga bulan terlihat lebih cepat dari matahari
This post was last modified: 03-04-2017, 04:58 PM by prasnet.




Forum Jump:


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Studi Kritis Gerhana Matahari Pada Model Heliosentris Adji 6 1,501 08-14-2019, 02:02 PM
Last Post: pungky
  Kejanggalan Gerhana matahari di benua amerika pada 21 Agustus 2017 Unang 9 3,897 10-04-2018, 12:26 PM
Last Post: Unang
Exclamation ARTI GERHANA MATAHARI DAN BULAN gunung es 2 1,883 03-05-2018, 09:55 AM
Last Post: Kisamber nyowo
  Bukti bumi datar! Matahari dan bulan sejajar. (Bukan gerhana) Fe13 13 5,101 02-28-2018, 09:40 PM
Last Post: nandadavid
  Gerhana matahari venus Questioner1 3 1,204 12-17-2017, 11:31 PM
Last Post: pungky
  Benarkah Gerhana Matahari itu Terjadi karena Matahari Tertutup Bulan? simochiedan 20 6,247 08-09-2017, 04:10 PM
Last Post: Liet
  Masalah gerhana matahari Tulcopk 4 780 05-20-2017, 03:41 PM
Last Post: pungky
  Pola Gerhana dalam Satu Siklus dan Pergerakan Matahari RiskiTriono 8 1,816 05-09-2017, 04:02 AM
Last Post: 321
  KARAKTERISTIK GERHANA ( MUSIM GERHANA terjadi setiap 5 bulan ) RiskiTriono 1 1,020 05-09-2017, 02:30 AM
Last Post: Sembada92
  GERHANA MATAHARI titik nol 3 1,244 02-26-2017, 03:10 AM
Last Post: thehaji81


Users browsing this thread: 1 Guest(s)